Jumat, 08 Mei 2009

PENYAKIT PADA ANAK - ANAK

Pada anak usia prasekolah masih menjadi golongan yang rentan terserang penyakit dikarenakan daya tahan tubuh kurang sempurna, disamping faktor lingkungan dan pergaulan anak.
Ada beberapa penyakit yang sering terjadi pada anak, misalnya :

1. Influenza
  • Kontak fisik antara anak dengan anak penderita influenza menyebabkan penyakit ini mudah menular. Penyebarannya dapat melalui ludah dan ingus yang menular saat penderita mengalami batuk atau bersin, bisa juga terjadi karena bersentuhan tangan atau barang yang dipakai penderita yang kemudian virus tersebut masuk ke saluran pernapasan.
  • Lama penyakit ini berkisar 5 - 14 hari, gejalanya dimulai dengan sakit kepala, demam, lemah, nyeri seluruh tubuh, sakit tenggorokan dan batuk.
2. Radang tenggorok
  • Radang ini tergolong penyakit infeksi yang menyerang saluran pernapasan, yang biasanya karena terserang virus atau bakteri. Anak usia balita paling sering terserang penyakit ini.
  • Gejalanya : demam, rasa sakit ketika menelan, malas makan, sakit kepala dan pusing.
  • Tenggorokan akan merah dan bengkak, apabila dilihat pada pangkal tenggorok akan tampak selaput putih karena infeksi ini menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening disekitar leher dan terasa nyeri bila ditekan.
3. Radang Amandel ( Tonsilitis )
  • Amandel berfungsi untuk menangkap kuman sebelum masuk kedalam tubuh sehingga tenggorokan, mulut, dan sinus terhindar dari infeksi, tetapi amandel juga bisa terserang infeksi sehingga meradang.
  • Gejalanya : rasa nyeri pada tenggorokan dan kesulitan menelan makanan dan minum, tubuh menjadi demam, suara serak, kelenjar dileher bengkak dan sulit bernapas.
4. Tipus
  • Biasanya terjadi pada anak karena kurang memperhatikan kebersihan makanan atau jajanan. Penyakit ini disebabkan oleh kuman Salmonellatyphi yang masuk kedalam lambung melalui makanan atau minuman yang tercemar.
  • Gejalanya : badan tidak enak, lesu, sakit kepala, dan hilang nafsu makan. Apabila demam panas turun-naik itu berarti kuman sudah masuk kedalam darah sehingga akan timbul gejala lain yaitu : muntah, nyeri perut, kembung, diare atau sembelit. Yang paling parah penderita bisa kehilangan kesadaran dan kejang.
  • Sekalipun bisa dirawat dirumah tetapi sebaiknya menjalani rawat inap dirumah sakit guna mendapatkan perawatan yang lebih baik.
5. Cacingan
  • Penyakit ini bisa terjadi karena faktor kebersihan lingkungan ataupun hewan peliharaan.
  • Gejalanya : rasa gatal pada bagian anus, susah tidur, mual, muntah dan hilangnya nafsu makan. Paling parah bisa mengakibatkan anemia.
6. Difteri
  • Penyakit ini disebabkan oleh kuman Corynebacterium diphtheriae yang menyerang pangkal tenggorokan.
  • Gejalanya : radang tenggorokan, sakit menelan makanan / minuman, demam, mual, muntah, menggigil dan sakit kepala.
  • Bila dilihat amandelnya terdapat lapisan tipis berwarna abu-abu kotor. Sebaiknya ke dokter untuk pengobatan dan untuk pencegahan dapat dilakukan imunisasi DPT ( Dipteri, Pertusis, Tetanus ).
Yang menjadi faktor utama untuk mencegah penyakit pada anak maka kita lebih memperhatikan masalah kebersihan disekitar kita.


RAHASIA CEPAT MENJADI MILYARDER BARU DARI INTERNET
MENGALIRKAN UANG KE REKENING BANK ANDA SECARA OTOMATIS
SEGERA KLIK DISINI
INFORMASI PENTING UNTUK PERUBAHAN HIDUP ANDA
MAU DAPAT UANG SETIAP HARI Rp.50.000 S/D Rp.500.000 SETIAP HARI
JIKA ANDA INGIN KIRIM SMS YANG BISA MENDAPATKAN UANG, MESKIPUN SMS YANG ANDA KIRIM ADALAH SMS GRATISAN DARI OPERATOR ANDA

1 komentar:

zoomyadam mengatakan...

Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit yg bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (seperti yang telah dinyataka dalam Q.S. An Nahl Ayat 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
semoga bermanfaat
Rahmah